Diabetes Gestasional -2

Hyperglikemia tidak mudah diketahui tanpa pengukuran kadar glukosa yang teratur. Pesien diabets harus waspada terhadap tanda dan gejala : ketidak mampuan mengatasi persoalan sehari2, perasaan mudah letih, daya ingat menurun, mudah infeksi, gatal seluruh tubuh, perubahan pada suasana perasaan dan penglihatan yang kabur.

Komplikasi Diabetes & Resiko :

1. Pada hyperflikemia, glukosa akan terikat denga n berbagai protein, shingga terjadi sisrupsi protein, mis Hemoglobin, sehingga akhirnya menimbulkan resiko malformasi kardiak ( jantung ) dan defek ( cacat ) pada neural tube ( pembentukan awal sum2 saraf tulang belakang ).

2. Hyperglikemia pada janin, mengakibatkan pankreas janin memproduksi insulin ( insulin janin ini memicu pertumbuhan) sebingga terbentuk pertumbuhan yang besar, makrosomia, tentu akan meresiko distosia bahu dan kelahiran caesarea.

3. Hyperglikemia mengakibatkan tersumbat / terhalang peredaran darah paa pembuluh darah mikro, sehingga nutrisi tidak sampai pada sel2 saraf, yg akhirnya mengakibatkan kerusakan saraf. kerusaka saraf dapat mengakibatkan paresis/lemah lambung dan hyperemesis.

4. Hyperglikemia mengakibatkan tersumbat / terhalang peredaran darah paa pembuluh darah mikro, sehingga nutrisi tidak sampai pada sel2 saraf dan organ, yg akhirnya mengakibatkan kerusakan saraf pada retina mata, sehingga bisa terjadi retinopati diabetik. dan dapat terjadi kerusakan pada ginjal, bahkan terjadi gagal ginjal.

5. Sel2 darah putih pada hyperglikemia, akan diselubungi oleh dlukosa, sehingga kurang mampu untuk berfungsi memberikan pertahanan tubuh terhadap infeksi.( nudah infeksi ), dan merupakan pertimbangan / [erhatian pada kelahiran caesarea. dan mudah terjadi ganggren / borok

6. Hyperglikemia mengakibatkan tersumbat / terhalang peredaran darah paa pembuluh darah di plasenta, sehingga dapat terjadi insufisiensi placenta, yg akhirnya bisa mengakibatkan kematian jani atau pertumbuhan janin terganggu. atau beresiko keguguran.

7. Ateroma ( massa penyumbat pembuluh darah ) akan mudah eterbentuk pada pasien hyperglikemia, sehingga berediko pada penyumbatan pembuluh darah di otak, jantung, serta pembuluh darah perifer.

8. Hyperglikemia mengakibatkan pasokan darah akan terganggu pada organ2 tubuh, sehingga akan mengakibatkan insufisiensi placenta, poli -hidramnion dan pre-aclamsia akan terjadi lebih sering.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMBALI

.##### Lagu RIndu UNTuk IBU.....----%%%

APN 58 Langkah (New)