Diabetes Gestasional -1

Diabetes mellitus adalah penyakit degeneratif yg mengakibatkan glukosa darah tidak dapat dipergunakan oleh sel untuk menghasilkan energi karena transportnya kedalam sel terganggu karena hormon insulin tidak bekerja / tidak mencukupi.

insulin adalah hormon yg diproduksi oleh sel2 beta pulau Langerhans kelenjer pankreas. berfungsi untuk transpor glukosa dari luar sel agar masuk kedalam sel yang akhirnya digunakan oleh sel untuk menghasilkan energi atau disimpan.

Penyimpanan kelebihan glukosa disimpat dalam bentuk glikgen atau bentuk jaringan lemak.

Dalam kondisi normal, insulin ini dipicu produksinya oleh keberadaan glukosa yg tinggi dalam darah, oleh aktifitas pesarafan otonom parasimpatik.
dan prduksinya berkurang pada kondisi stimulus atau stress.

Kita paham bahwa ada 3 type diabetes :

1. Diabetes type-1 ( akibat kerusakan sel2 beta pulau Langerhans kelerjer pankreas ) sehingga produksi insulin tidak mencukupi.

2. Diabetes Mellitus type 2, terjadi karena kekurangan insulin dan atau resistensi insulin.
resistensi insulin = kondisi dimana insulin tidak dapat bekerja / berfungsi dalam men-transport glukosa dari luar sel ke dlam sel.

resistensi insulin ini dipicu oleh kegemukan, hormon stress kortikosteroid / kortisol dan dominasi saraf simpatik / stress yg berkepanjangan.

3. Diabetes gestadional. terjadi karena insulin tidak mencukupi untuk matabolisme yg 'ekstra' pada masa kehamilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMBALI

.##### Lagu RIndu UNTuk IBU.....----%%%

APN 58 Langkah (New)