ASKEB I dan ASKEB II

1. KEHAMILAN DAN PERSALINAN

DEFINISI
 KEHAMILAN adalah masa di mana seorang wanita membawa hasil konsepsi pertemuan antara sel sperma dan sel telur yang sudah dibuahi didalam tubuhnya.
 KEHAMILAN adalah suatu keadaan dimana janin dikandung di dalam tubuh wanita, yang sebelumnya diawali dengan proses pembuahan dan kemudian akan diakhiri dengan proses persalinan.
 PERSALINAN adalah peristiwa lahirnya anak disertai plasenta dan air ketuban dari kandungan ibunya.
 PERSALINAN adalah proses pegeluaran hasil konsepsi (janin / uri) yang telah cukup bulan dan dapat hidup di luar kandungan, melalui jalan lahir atau jalan lain.

PEMAHAMAN TENTANG KEHAMILAN DAN PERSALINAN
Seorang bidan harus memahami bahwa kehamilan dan persalinan merupakan proses yang alamiah dan fisiologis, walau tidak dipungkiri dalam beberapa kasus mungkin terjadi komplikasi sejak awal karena kondisi tertentu/ komplikasi tersebut terjadi kemudian. Proses kelahiran meliputi kejadian fisik, psikososial dan kultural.
Kehamilan dan persalinan merupakan pengalaman yang sangat bermakna bagi perempuan, keluarga dan masyarakat. Perilaku ibu selama masa kehamilannya akan mempengaruhi kehamilannya, perilaku ibu dalam mencari penolong persalinan akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin yang dilahirkan. Bidan harus mempertahankan kesehatan ibu dan janin serta mencegah komplikasi pada saat kehamilan dan persalinan sebagai satu kesatuan yang utuh.
2. PEREMPUAN


Perempuan adalah makhluk Bio-Psiko-Sosial-Kultural dan Spiritual yang utuh dan unik, mempunyai kebutuhan dasar yang bermacam-macam sesuai dengan tingkat perkembangannya.
 Setiap perempuan merupakan pribadi yang mempunyai hak, kebutuhan serta harapan.
 perempuan mempunyai partisipasi aktif dalam pelayanan yang diperoleh selama kehamilan, persalinan, nifas.
 membuat keputusan mengenai cara pelayanan yang disediakan untuknya.
 Keunikan secara fisik, emosional, sosial dan budaya membedakan tiap perempuan.
 Perbedaan kebutuhan & kebudayaan merupakan tuntutan agar lebih memperhatikan perempuan selama proses hidupnya.

  • Perempuan merupakan penerus generasi keluarga dan bangsa sehingga keberadaan wanita yang sehat jasmani dan rohani serta sosial sangat diperlukan. Ia sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Oleh karena itu kualitas manusia sangat ditentukan oleh keberadaan dan kondisi dari wanita/ ibu dalam keluarga.
  • Para wanita di masyarakat adalah penggerak dan pelopor dari peningkatan kesejahteraan keluarga. Ibu dan keluarga adalah pusat asuhan kebidanan yang mengharuskan bidan bersama wanita dan keluarga bekerja memberdayakan dirinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMBALI

.##### Lagu RIndu UNTuk IBU.....----%%%

APN 58 Langkah (New)